Keputihan saat sedang hamil? Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di Arisan Resik

Siapa di sini yang sering keputihan? 😐 Hmmmm urusan daerah kewanitaan emang jarang  jadi bahan obrolan cantik perempuan, entah karena dianggap tabu atau informasi yang kurang. Padahal jika diketahui masalah kesehatan miss V lebih awal, kita bisa menjegah terjadinya penyakit yang lebih serius. Tahu gak kalo keputihan bisa menghambat kesehatan rahim jadi susah punya anak? Saya baru tahu informasi ini setelah ikutan kegiatan Arisan Resik with Indonesia Hijab Blogger yang di gelar hari Jumat lalu. Sekitar 25 Indonesian hijab blogger ngumpul cantik dengan dresscode nuansa hijau di cafe Harlequin Kemang. Meskipun sempat hujan tapi gak menghambat keriaan di Arisan Resik.

Berawal dari ajakan mba Roswitha (Ketua IHB), saya langsung bilang “Yes I’m in” saat tahu topik Arisan Resik soal kesehatan daerah kewanitaan. Karena keputihan jadi masalah yang cukup ganggu di masa kehamilan trisemester ketiga ini. Salah satu pembicara Arisan Resik, Dr. Rino Bonti Tri H. Shanti, SpOG dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara menjelaskan, keputihan adalah salah satu alasan paling banyak mengapa perempuan mendatangi dokter spesialis kandungan. Penyebabnya keputihan bisa karena infeksi maupun non-infeksi. Leher rahim secara normal mengeluarkan cairan berwarna bening, bersih, tidak berlebihan dan tidak menimbulkan keluhan. Keputihan yang normal umumnya terjadi menjelang masa subur.

Ibu hamil memang rentan terkena keputihan akibat perubahan hormonal yang terjadi atau karena disebabkan hal lain seperti virus, parasit dan jamur. Keputihan ini bikin saya gak nyaman karena seringkali berbau gak sedap dan gatel. Kan malu yah, kalo ibu hamil ketahuan garuk-garuk daerah selangkangan depan umum 😣. Pemicu awalnya adalah kondisi organ intim yang lembab, sehingga menjadi media yang baik untuk jamur dapat tumbuh. Membersihkan area intim sebaiknya tidak menggunakan sabun karena bersifat basa. Lebih baik dengan air biasa atau menggunakan cairan khusus pembersih vagina dengan pH yang sesuai begitu penjelasan Dr Rino Bonti.

Disarankan juga kita sering mengganti celana dalam maksimal 4 jam sekali untuk mencegah timbulnya jamur. Kalo repot bawa underwear lebih, bisa juga menggunakan pantyliner, tapi itupun juga tidak boleh sering-sering.

5

Terus pertanyaannya gimana cara menghilangkan keputihan, yang membuat efek gatal dan bau tidak sedap?

Kalo kata mama, sering-seringlah minum air rebusan daun sirih. Beberapa minggu lalu mama ngebawain dua botol besar air rebusan daun sirih. Untung rasanya seger karena dicampur jahe dan gula jawa.  Meskipun enak, tapi kan repot juga yah kalo setiap hari bikin air rebusan sirih. Nampaknya setelah ada Resik V Godokan Sirih, saya gak perlu repot minta mama untuk ngerebus lagi. Btw Resik V Godokan sirih ini bukan buat diminum yak, tapi untuk pemakaian luar daerah V 😊.

Yuna Eka Kristina, Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk menjelaskan, PT Kino Indonesia Tbk., mengeluarkan produk Resik V Godokan Sirih sebagai antiseptik alami, solusi untuk memelihara kebersihan organ intim dan mencegah keputihan. Resik V Godokan Sirih dibuat secara alami, kandungan utamanya adalah godokan daun sirih asli, atau daun sirih yang direbus. Resik V Godokan Sirih dianjurkan digunakan secara teratur di saat haid, atau ketika mengalami keputihan.

“Uji klinis dan uji mikrobiologi menunjukkan daun sirih menghambat bakteri jahat dan hasil uji mikrobiologi 100% menghambat jamur penyebab keputihan. Selain itu, Resik V Godokan Sirih juga menjaga PH normal area kewanitaan yaitu antara 3-4, serta menjaga keseimbangan flora normal,” begitu penjelasan Yuna Eka Kristina.

6

Tapi Jujur yah saya sendiri sebenarnya tidak terlalu percaya dengan produk pembersih daerah kewanitaan karena pengalaman masa lalu 😬. Dulu saya pernah terjebak iklan produk pembersih kewanitaan, setelah mencoba beberapa kali justru daerah V terasa panas. Semenjak itu saya gak berani nyoba kalo belum dapet rekomendasi orang terdekat. Makanya tulisan ini baru nongol 3 hari setelah acara, karena saya pengen kasih testimoni setelah pemakaian beberapa hari.

Dan hasilnya, rasa gatal dari keputihan saya sangat jauh berkurang 😱 serta bau tidak sedap perlahan hilang.  Resik V godokan sirih saya pakai sehabis mandi ataupun jika miss V terasa gatal sehabis BAK. Ukurannya yang kecil praktis memudahkan dibawa kemana aja.

Oia informasi tambahan dari mba Nadia Faatimah, dianjurkan perempuan memotong bulu miss V setidaknya 40 hari sekali untuk menjaga kebersihan seperti yang dianjurkan dalam Rasul. Sebaiknya jangan di wax atau menghilangkan seluruhnya, karena bulu mempunyai manfaat untuk melindungi daerah V dari bakteri ataupun jamur.

Kesimpulan dari acara dan tulisan ini adalah, rajin-rajinlah perempuan merawat daerah kewanitaan karena itu menyangkut kebahagian dan keutuhan rumah tangga. Miss V sehat, suami pastilah senang 😂.

 

Iklan

Penulis: weddewi

Pisces a bit sanguin. Gimme a buzz at sanguinme@gmail.com

26 thoughts on “Keputihan saat sedang hamil? Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di Arisan Resik”

    1. Hmmm wanginya gak santer seperti produk yang saya pake sebelumnya. Biasa ajah gitu gak berlebihan. Syukurnya merasa terbantu sejauh ini make rutin sabun sirih. 😀

  1. wah dikau hebat masih minum rebusan sirih yg mamamu bikin. aku pas hamil mah paling beras kencur sm kunyit asem aja, ya tambah sirih dikittt sih. haha.. brw skrg enak ya udh ada resik v u miss v kita. ga ribetlah pokoknya

    1. Iya mba Ayu. Mama masih bikinin bahkan ampe sharing artikel soal manfaat rebusan sirih, hahaha eh gak lama diundang acara Resik V. Serasa semesta mendukung. Makasih udah mampir mba ayu ❤️

  2. Ahey bumils rezeki debay ya dapat arisan, setuja banget sih sejak kenalan sama resik v ini ga mager lagi pakai godokan sirih. Yang males itu proses rebus merebus nya wkwkwkkwkkk

  3. Aku ngerasa beruntung banget nih ikut event ini pas belum hamil, jadi nggak takut nanti kalau keputihan atau gimana2. Dan setelah denger kmrn Ibu hamil lebih sensitif dari biaaanya, jadi lebih aware juga. Seneng ya bisa arisan sambil ngilmu, hehe

  4. Salam kenal Dewi… Bumil sehat2 yaaa.. Penting banget ya tau informasi masalah kewanitaan begini. Dulu pas aku hamil juga ngalamin keputihan gatal lembab ga nyaman banget, sayangnya belum tau ttg Resik V….

  5. Aduh bumil kece amat ciihh.. Hehehehe.. Jadi inget, pas aku hamil dulu sempet keputihan dan sama dsog disuruh pakai pembersih kewanitaan. Andaikan dulu udah ada resik V godokan sirih, pasti langsung dipakai karena emang udah cocok sama godokan sirih.

  6. Alhamdulillah arisannya manfaat bgt ya mba Dewii… skrg sudah ada solusi untuk keputihan, krn ada resik V godokan sirih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s