My story [at] www.streethijab.com

Ini adalah posting gw disalah satu blog yang luar biasa ..semoga bermanfaat..

Assalamulaikum..
Hai Dhatu Rembulan, nice to know u..:)
Berawal dari sebuah event di Fimela House berlanjut menjadi sebuah pertememan yang menyenangkan. Pagi penyuka designer muslimah Casa Elana, pasti tahu dengan Dhatu rembulan, wanita cantik yang menjadi model CasaElana. Aku ga pernah nyangka akan mengenal dekat Dhatu Rembulan, wanita energik, cantik dan menyenangkan. Ngobrol dengan Dhatu gak akan cukup sehari tapi butuh waktu yang lama, karena misi dan visi hidup nya yang luar biasa.

Aku ingin cerita tentang pertama kali menggunakan HIjab. Dulu tidak pernah sekalipun aku akan terpikir untuk menggunakan hijab, apalagi dengan kesibukan sebagai atlet basket sekolah dan kampus, tidak ada niat sedikit pun untuk berhijab karena aku pikir itu akan sangat mengganggu saat bermain basket. Aku memakai hijab atau kerudung saat kuliah hanya pada saat mata kuliah agama islam ditahun pertama. Mau ga mau harus mengikuti peraturan. Saat pertama kali memakai hijab, banyak teman yang berkomentar akan penampilan ku yang berbeda “Wed lo aneh pake kerudung” atau “Wed lo pantes deh pake kerudung, Namun ada seorang sahabat cowok [Mimi] yang pendapatnya sangat aku perhatikan ” Wed lo keliatan lebih cewek kalo pake kerudung, pake terus aja deh!!” komentar dari dia bikin aku pede pake kerudung, tapi tetep aja belum ada niat untuk berkerudung. “Ogah ah, panas kali mi, coba nih lo pake!!” begitu tanggapan ku saat itu.

Mimi adalah sahabatku saat kuliah, pria berbadan tinggi dan besar ini sangat pede dengan rambutnya yang kribo, dia selalu membanggakan rambut kribonya dan ga pernah mau dipotong. Padahal aku sudah gerah banget liat rambutnya yang kribo. Sampe suatu saat aku berpikir untuk buat perjanjian dengan Mimi.
“Mi gimana kalo kita kita bikin perjanjian!”
“Perjanjian apa?”
“Lo kan mau banget liat gw pake kerudung, dan gw kan udah ga betah banget lia rambut kribo lo. Gimana kalo gw pake kerudung dan lo janji buat potong rambut lo jadi botak!! gimana?”
Sejenak dia berpikir lama…

“Hmmm okeh wed, tapi lo pake kerudung mulai besok kuliah yah, dan gw mulai potong rambut sebulan lagi. Gimana?”
“Yeee curang lama amat mau dibotakin doang..”
“Terserah mau atau enggak??” Mimi mulai mengancam..
“Yaudah deh.. gw setuju” Mau ga mau aku menyetujui perjanjian berkerrudung itu, karena sudah ga tahan liat rambut kribonya.


Yup begitulah awal mula aku berkerudung ditahun 2008. Berawal dari sebuah perjanjian “bodoh” dua sahabat kampus, sampai sekarang aku masih konsisten menggunakan kerudung ku. Banyak teman wanita ku yang belum juga berkerudung, saat aku tanya mengapa mereka tidak berkerudung mereka akan selalu menjawab dengan kalimat yang sama ” Belum siap”. Dan setiap meendengar kalimat itu aku hanya bisa tersenyum.

Wanita muslimah dibelahan dunia manapun, wajib hukum nya untuk menutup aurat seperti perintah Allah dalam surat An.Nur 31 : “Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: ’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan khumur (Ind: jilbab)nya ke dadanya…’” (Annur:31)

Di Al.Quran dengan jelas mewajibkan wanita muslimah untuk menutup auratnya. Entah kesiapan apa yang dibutuhkan seorang wanita untuk mengenakan kerudung/ menutup auratnya. Kesiapan itu akan datang seiring perjalanan waktu. Kita tidak perlu menunggu siap untk kerudung, karena waktu itu kita yang menenentukan sendiri. Seperti cerita ku diatas, awal mula aku berkerudung bukan karena keyakinan agama, tapi karena perjanjian persahabatan. Dan seiring berjalanannya waktu, aku mulai belajar dan mendalami tentang keyakinan ku akan berkurudung.

Kita punya banyak alasan untuk mulai berkerudung, entah karena sekolah mengharuskan berkerudung, entah dipaksa orang tua, entah untuk menyenangkan suami, atau apapun. Tapi pada akhirnya kita akan mengetahun alasan utama kita berkerudung adalah karena Allah SWT. Aku juga masih harus memperbaiki cara ku berkerudung, dan mempelajari tentang islam, namun setidaknya aku telah memulai untuk belajar….

Mari saling menginpirasi..

Thanks to beautifull woman..Dhatu Rembulan..xoxo

Wassalamualaikum
Dewi Indriyani / Iwed
http://www.sanguinhijabi.wordpress.com
@dewiadalahiwed

Tinggalkan Balasan

